MANFAAT DAUN SELEDRI UNTUK KESEHATAN

Salam sehat, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita tumbuhan yang satu ini, sebut saja daun seledri, bahkan sering kita gunakan sebagai pelengkap dan penyedap masakan kita. Daun seledri memiliki nama latin Apium Graveolens. Kandungan di dalam daun seledri adalah kalsium, vitamin A, B1, B2, B6, dan juga vitamin C. Kandungan ini sangat bersesuaian dengan beberapa penyakit yang membutuhkan kandungan ini untuk penyembuhan. Kali ini akan kita bahas tentang manfaat daun seledri untuk kesehatan, banyak sekali ternyata manfaat tumbuhan yang satu ini bagi tubuh kita, diantaranya sebagai berikut:
MANFAAT DAUN SELEDRI

1. DAUN SELEDRI MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL,

Khasiat daun seledri untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah Kolesterol memiliki jumlah yang harus dibatasi di dalam tubuh. Jumlah yang tidak dibatasi nantinya akan berakibat pada penumpukan dan penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat nantinya akan mengundang banyak penyakit. Cara mengenyahkannya adalah dengan daun seledri. Cara alternatif ini mudah saja. Cukup rebus daun seledri dengan 3 gelas air hingga susut menjadi 1 gelas air setelah daun seledri dicuci bersih dan dipotong-potong kasar. Sisanya tunggu agak mendingin lalu diminum rutin,

2. MANFAAT DAUN SELEDRI UNTUK OBAT ANEMIA,

Kekurangan darah atau anemia bisa menjadikan kita sakit kepala sepanjang hari. Bagaimana tidak? Karena kita menjadi lemah, lesu, lunglai, dan lemas. Alhasil, semua pekerjaan dilakukan dengan tanpa gairah. Adanya daun seledri ini akan membantu kita. Cara yang dilakukan cukup dengan membuat jus. Jus tersebut campuran dari air, madu, nanas, dan daun seledri. Minum rutin jus campuran seledri ini setiap hari. Niscaya anemia akan berkurang dan kita bisa lebih enerjik dalam kegiatan sehari-hari.

3. MANFAAT DAUN SELEDRI UNTUK OBAT MATA KERING,

Mata yang kering tentu sangat menganggu kegiatan kita. Apalagi dengan mata yang kering, mata akan cenderung gatal. Gatalnya mata ini jelas akan menimbulkan iritasi jika dikucek dan juga dibiarkan. Mata akan menjadi merah nantinya. Dan ini adalah pemandangan yang tidak mengenakkan. Oleh karena itu, kita perlu membasmi penyakit satu ini dengan bantuan daun seledri. Cara menggunakan daun seledri untuk manfaat menghilangkan penyakit mata kering adalah dengan menumbuknya bersamaan dengan daun bayam dan daun kelor. Setelah halus, hasil tumbukan itu ditambahkan sedikit garam dan air. Lalu, minumlah campuran bahan-bahan tadi sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

4. BERMANFAAT UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS,

Bermanfaat mengobati batuk Batuk sebenarnya merupakan penyakit ringan. Akan tetapi, ternyata penyakit ringan ini bisa berbuah petaka. Batuk-batuk di tengah umum apalagi berdahak tentu sangat menyulitkan diri kita. Nah, saatnya kita gunakan seledri ini. Cukup rebus daun seledri bersih dengan 3 gelas air hingga susut. Lalu, saring air tersebut dan campurkan madu. Rutin minum sehari 2 kali. Lama-kelamaan, batuk akan sembuh.

5.DAUN SELEDRI UNTUK MENURUNKAN DARAH TINGGI (hipertensi),

Darah tinggi adalah salah satu penyakit mengerikan. Pada akhirnya, bisa mengancam pecahnya pembuluh darah di otak juga lho. Oleh karena itu, bagi yang menderita penyakit satu ini harus segera bertindak. Salah satu tindakan alternative yang diambil adalah dengan menumbuk 100 gr daun seledri hingga halus. Setelahnya ditambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Setelahnya diminum 2 kali sehari. Maka, hipertensi akan menurun.

6. MANFAAT DAUN SELEDRI UNTUK KECANTIKAN,

Manfaat daun seledri untuk kecantikan berputar pada kualitas rambut yang kita miliki berupa penyubur rambut. Penggunaan seledri akan melebatkan rambut kita. Apalagi untuk perempuan yang mana rambut merupakan mahkota kecantikannya. Tentu tidak ingin menyia-nyiakan perawatan rambut yang murah satu ini. Caranya pun mudah sekali. Daun seledri yang berjumlah maksimal 10 batang dicuci. Setelah dicuci, ambil ulekan, lalu tumbuk daun sop satu ini. Setelah ditumbuk, daun seledri diusapkan ke kepala dengan merata. Setelah rata, hitung waktu 1 jam. Biarkan daun seledri yang telah ditumbuk tadi di atas kepala kita. Selanjutnya, kita bilas bersih. Mudahnya lagi, cukup 1 kali seminggu kita lakukan hal ini. Tentu tidak menghabiskan banyak waktu.

7. KALSIUM,

Mineral kalsium penting untuk membangun dan memelihara kesehatan gigi dan penting untuk menjaga struktur rangka yang kuat seperti manfaat susu. Kalsium juga membantu mengirimkan informasi melalui sistem saraf dan membantu dalam pelebaran dan penyempitan pembuluh darah. Asupan yang dianjurkan dalam diet (RDA) untuk pria hingga usia 70 tahun adalah 1.000 miligram kalsium per hari. Setelah usia 70, laki-laki harus mendapatkan 1.200 miligram. Untuk wanita, 1.000 miligram setiap hari hingga usia 50, dan 1.200 miligram setelah usia 50. Satu porsi jus seledri mengandung 162 miligram kalsium, yang lebih dari 16% RDA untuk orang dewasa dan 13,5 persen dari RDA untuk wanita.

8. SERAT MAKANAN,

Meskipun kandungan terutama seledri adalah air, tapi juga menyediakan cukup banyak serat makanan. Seledri mengandung 1,6 gram serat dalam setiap 100 gram.

9. KALIUM,

Kalium adalah elektrolit dan mineral penting untuk membantu tubuh, mengatur keseimbangan asam-basa dan menjaga aktivitas jantung tetap sehat. Kalium juga membantu pemecahan karbohidrat, dan itu sangat penting untuk membangun otot dan protein. Satu porsi jus seledri mentah mengandung 1.050 gram kalium, yaitu lebih dari 22 persen dari asupan kalium yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan.

10. PENCEGAH KANKER USUS,

Kandungan kumarin yang terdapat di dalam seledri mampu mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut. Selain itu seledri mampu menjadi efek pencahar alami seledri yang membantu untuk meringankan sembelit. - Kandungan dari seledri yang dibuat jus seledri dapat membantu mengontrol nafsu makan anda - Efek diuretik dari seledri yang membantu pemecahan dan penghapusan urin dan empedu. - Seledri diketahui mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker. Diantaranya adalah acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor. - Asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Dan kumarin yang membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak.

Demikian manfaat daun seledri untuk kesehatan kita, mudah-mudahan bisa membantu, karena sehat sangat mahal harganya, kita jaga mulai dari sekarang, pentingnya berbagai ilmu dan salam sehat

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll