MANFAAT DAUN SIRIH BAGI ORANG DEWASA DAN BALITA

manfaat daun sirih
Salam sehat, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita untuk tumbuhan satu ini, bahkan sering kita jumpai di sekitar di sekeliling rumah kita, sebut saja daun sirih, daun sirih yang memiliki nama latin (piper betle), ternyata banyak sekali manfaatnya bagi orang dewasa dan balita, apa saja...? mari kita simak rangkaian berikut ini :

DAUN SIRIH UNTUK DEWASA.

1. Obat jerawat,

Ambil 7 lembar daun sirih, tumbuk sampai halus dan sedu dengan dua gelas air panas, airnya untuk mencuci muka yang berjerawat, lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

2. Bau mulut,

Ambil satu lembar daun sirih, rendam dengan air panas setengah gelas, tambah 1 Sendok teh gula putih, diamkan selama 20 menit, ambil daunnya dan minum airnya.

3. Bau mulut,

Satu lembar daun sirih, cuci hingga bersih, kunyah dan tahan beberapa menit lalu ludahkan, kerjakan 2 sampai 3 kali sehari.

4. Pembekakan gusi,

Ambil 5 lembar daun sirih, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih, angkat dan saring, tambah sedikit garam, berkumurlah dengan air tersebut 3 kali sehari.

5. Obat gatal,

Ambil 20 lembar daun sirih, rebus dengan air panas, diamkan hingga panas berkurang (hangat), cuci bagian luka dengan air daun sirih tersebut.

6. Obat bisul,

Ambil 6 daun sirih, cuci hingga bersih dan giling sampai halus, oleskan pada bisul dan balut dengan kain, lakukan sehari dua kali.

7. Obat mimisan,

Ambil satu daun sirih muda, cuci dan lumatkan terlebih dahulu, lalu gulung untuk menyumbat hidung yang berdarah.

8. Obat luka bakar,

Ambil 10 lembar daun sirih segar, peras airnya, tambahkan sedikit madu dan bubuhkan daunnya ke luka bakar.

9. Obat sariawan,

Ambil daun sirih 3 lembar, bersihkan dan kunyah hingga lumat dan buang ampasnya, lakukan sehari dua kali.

DAUN SIRIH UNTUK BALITA,

1. Sebagai Antiseptik,

Kulit bayi yang sensitif mudah sekali terluka, meskipun hanya terkena goresan ringan. Luka sekecil apapun pada kulit bayi, tidak boleh dibiarkan begitu saja, dan harus segera diobati agar tidak sampai terkena infeksi. Manfaat daun sirih untuk bayi, salah satu diantaranya adalah mencegah infeksi tersebut. Hal ini disebabkan karena daun sirih memiliki kandungan minyak esensial fenol yang juga disebut chavicol. Esensial fenol ini bersifat antiseptik yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja tanpa memandang usia, tidak terkecuali untuk kulit bayi. Cara pemanfaatannya cukup dengan menempelkan daun sirih pada bagian kulit yang terluka. Agar tidak mudah terlepas bisa dibalut dengan kain kasa. Dalam waktu 2 hari akan terlihat hasilnya.

2. Mengobati Batuk dan Pilek,

Batuk dan pilek adalah salah satu jenis penyakit yang kerap menyerang bayi, yang biasanya didahului dengan serangan influenza. Berbagai macam obat untuk batuk dan pilek memang dapat dengan mudah dibeli di toko-toko obat serta apotik. Namun sebagian orang tua khawatir, obat-obat yang dibeli tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan si bayi. Jika rasa khawatir tersebut tidak dapat dihilangkan, cobalah alternatif pengobatan herbal dengan menggunakan daun siri. Caranya: rebus daun sirih secukupnya bersama jahe yang telah dikupas dan dipotong-potong. Setelah mendidih, saring dan dinginkan. Minumkan air rebusan tersebut setelah ditambah sedikit madu minimal sehari sekali, atau jika batuknya cukup parah bisa diminumkan sehari 2 – 3 kali.

3.Obat gatal dan iritasi,

Ambil 10 daun sirih, cuci dan masak dengan air sampai mendidih, airnya dibiarkan hangat dulu lalu di buat mandi si kecil/dewasa, Alhamdulillah.....bisa menyembuhkan gatal/iritasi pada kulit lho.!

Demikian informasi tentang manfaat daun sirih buat orang dewasa dan balita, semoga bisa membantu untuk kita agar selalu mengenal obat herbal yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pentingnya berbagai ilmu dan salam sehat.

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll