TEKNIK SEDERHANA BUDIDAYA BUAH NAGA

Selamat pagi sobat, minggu lalu kita sudah membahas tentang MANFAAT BUAH NAGA dari postingan saya sebelumnya, nah kali ini kita akan coba bahas tentang teknik sederhana budaya buah naga, apa saja yang perlu kita siapkan, berikut saya jelaskan :
PERTAMA

kita pilih terlebih dahulu bibit buah naga yang bagus, pilihlah bibit yang sudah tua atau warnanya sudah hijau tua dan minimal sudah berbuah lebih dari dua kali, kenapa demikian, karna bibit yang tua akan lebih cepat berkembang dan akan lebih cepat bertunas. beda dengan yang masih muda, akan lebih cepat membusuk, tentunya waktu kita akan terbuang sia-sia.
KEDUA

Untuk pembibitan buah naga ada dua cara yaitu dengan cara vegetatif dan generatif. vegetatif dengan cara potong batang dan generatif dari biji, Untuk postingan kali ini akan kita lakukan dengan cara vegetatif karena cara ini lebih banyak di gunakan dan tidak membutuhkan waktu lama. Pertama kita siapkan media tanam, kita bisa gunakan plastik polybag, untuk media tanah kita campurkan pasir, tanah dan pupuk kandang, perbandingannya 2:1:2, karena waktu pembibitan batang buah memerlukan tanah yang subur fungsinya agar akar cepat berkembang. Untuk penyiraman kita lakukan sehari dua kali, lebih bagus waktu sore hari menjelang malam, dan penyiraman pun jangan terlalu banyak agar tidak terjadi pembusukan terhadap bibit.
KETIGA
bibit buah naga
Setelah dua sampai 3 minggu tunas pertama dari Batang buah naga akan keluar, langkah selanjutnya kita siapkan tiang penyangga, untuk tiang penyangga di anjurkan sekali kita cor karna pohon buah naga semakin lama semakin lebat dan semakin berat juga tentunya. Untuk ukuran standar tiang berukuran 10 sampai 12cm persegi, dan bagian atas kita bentuk silang atau bulat menggunakan kawat atau kayu yang kuat, bisa juga kita gunakan ban motor bekas agar lebih mudah.
KEEMPAT

Setelah tiang penyangga sudah siap dah tunas baru sudah mulai memanjang kira kira 50 sampai 60cm kita tanam pohon buah naga tersebut dengan kedalaman 30 sampai 35cm, untuk satu tiang kita tanam 4 pohon buah naga, pada masa penanaman dari polybag ke tiang penyangga, kita berikan sedikit perawatan extra, yang pertama kita berikan pupuk kandang lebih banyak dan kedua untuk penyiraman bisa dua sampai 3 kali perhari tergantung cuaca, fungsinya agar tunas-tunas baru cepat berkembang. Di anjurkan untuk penanaman kita cari lokasi yang terkena sinar matahari hari langsung karena pada umumnya buah naga merupakan tumbuhan kaktus yang membutuhkan sinar matahari.
KELIMA

Kemudian apabila tunas buah naga sudah mulai banyak, kita kurangi untuk penyiraman atau kita hentikan, fungsinya agar bunga bisa cepat tumbuh dan cepat menjadi buah, apabila pertumbuhan bunga sedikit terlambat kita bisa berikan pupuk cair perangsang buah, mungkin sebagai kendala petani saat ini pohon yang lebat tetapi tidak berbuah, akan saya berikan informasi tentang masalah ini, pohon buah naga yang terlalu lebat tapi tidak berbuah karena terlalu banyak tunas baru yang tumbuh, solusi agar cepat berbuah kita potong saja tunas baru, jangan ragu-ragu, terlalu banyak tunas resiko tiang roboh bisa terjadi karena tidak kuat menahan beban yang terlalu berat.

Demikian informasi tentang teknik sederhana budidaya buah naga kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua serta menambah ilmu dan semangat untuk membudidayakannya, Pentingnya berbagi ilmu dan salam sukses. Terima kasih

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment

Widget

Blogroll